Selasa, 16 September 2014

Stadium General: Definisi dan Tujuan

Studium generale adalah tradisi khas kehidupan kampus-kampus besar di Eropa dan Amerika yang tradisi ilmiahnya sudah mapan. Di Indonesia, studium generale atau sering diterjemahkan sebagai kuliah umum, semakin penting dilaksanakan di perguruan-perguruan tinggi sebagai penambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Stadium general merupakan kuliah umum yang boleh diikuti oleh semua mahasiswa dari dalam kampus maupun mahasiswa dari luar kampus.  Acara ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan para mahasiswa baru tentang banyak hal mengenai kuliah yang akan mereka jalani selama menjadi mahasiswa dan memberikan gambaran secara garis besar tentang hal-hal yang menyangkut aktivitas kampus baik kuliah, kegiatan ekstra (yang digalang lewat unit-unit kegiatan mahasiswa) maupun kegiatan lain yang mengatasnamakan kampus. Stadium general juga dimaksudkan untuk mendekatkan mahasiswa baru dengan seluk-beluk kehidupan akademis di kampus mereka. 

Hari ini, 16 September 2014 di Kampus Sekolah Tinggi Ibnu Rusyd Kotabumi diadakan Stadium General (Kuliah Umum) dengan tema: "Suksesi Kepemimpinan dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi." Pemateri: Bpk. Dr. Agus Fahrudin, M.Pd (Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung).
STAI Ibnu Rusyd menjadikan kuliah umum sebagai salah satu tradisi akademik yang senantiasa dijaga sampai saat ini. Agar kelak dapat mendatangkan pemikir-pemikir dan narasumber berkualitas dan berintelektual tinggi tidak. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua pihak yang terlibat di dalam Sekolah Tinggi, baik Ketua, Puket, Kaprodi, Dosen, mahasiswa, ataupun staf akademik.

Wawasan baru di kuliah umum itu diperlukan untuk meningkatkan mutu internal yang turut memperkuat pengendalian mutu eksternal yang sudah dilaksanakan melalui proses akreditasi dan penghargaan oleh semua pihak.

Untuk Semua Dosen, Mahasiswa, Staf STAI IBNU RUSYD Kotabumi Lampung Utara, Selamat mengarungi tahun ajaran baru 2014/2015. Semoga tahun ini kita bisa menjadi lebih baik dan lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya.
Semangat pagi!



http://edukasi.kompas.com/read/2012/06/30/13350667/Menjaga.Tradisi.Kampus.Melalui.Studium.Generale.
http://gustinasbs.blogspot.com/2012/09/stadium-general-apa-itu.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar