Sabtu, 23 Maret 2013

TINJAUAN DAN SUNTINGAN NASKAH AS-SAIR WA AS-SULUK ILA MALIKIL MULUK


                                                   Oleh: Nita Zakiyah, M.A
I. PENDAHULUAN

            Islam adalah agama kesatuan (tauhid) dan semua aspek ajaran dalam praktek islam yang benar menunjukkan prinsip yang sentral dan penting.
            Clifford Geertz mengatakan, bahwa islam membawa rasionalisme dan ilmu pengetahuan serta menegaskan suatu sistem masyarakat yang berdasarkan kebebasan orang- perorangan. )Lubis, 1996:1)
Begitu pula dengan tasawuf yang merupakan sumsum tulang atau dimensi “dalam” dari wahyu keislaman, benih-benihnya sudah ada sejak dalam kehidupan Nabi SAW. Hal ini dapat dilihat dalam perilaku dan peristiwa hidup, ibadah dan pribadi.
Tasawuf telah memberikan semangatnya kepada seluruh struktur islam baik dalam perwujudan sosial maupun intelektual. Sehingga nuansa tasawuf yang berkembang di dunia keislaman menyebabkan banyaknya bermunculan teks-teks ajaran mengenai tasawuf itu sendiri.
Berlainan dengan ilmu-ilmu lain, tasawuf mencari hakikat dari suatu realitas dan kebenaran melalui ulah rasa (dzauq), merasakannya di dalam hati, dan menyaksikannya melalui mata hati, serta bekerja melalui potensi rasa, hati nurani atau batin. Lebih dari itu, tasawwuf menjadikan agama tidak saja dimengerti atau dipahami, tetapi juga dihayati serta dirasakan sebagai suatu kebutuhan (Permadi, 1997:3).
Terkait dengan teks mengenai tasawuf yang akan di sunting pada lembaran selanjutnya, menurut penulis, naskah As-Sair Wa Suluk Ila Malikil Muluk –selanjutnya di sebut dengan AS-penting untuk diteliti dan dikaji. Adapun makna penting dari naskah AS pada bab yang akan di sunting dapat dilihat dari sisi kandungan isi yang memapar seputar ajaran tentang tasawuf (dalam bab mengenai suluk) merupakan salah satu naskah penting dari naskah-naskah tasawuf yang ada di nusantara.
Selain kandungan substansi yang menarik dan tetap relevan dengan zaman, juga perlu di ketahui, dipelajari serta di kaji karena merupakan akhlak vital yang mesti di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya menjelaskan tentang akhlak mahmudah (tepuji) dan madzmumah (tercela) yang apabila manusia tidak mengetahui keduanya, maka manusia itu sendiri akan sulit dalam mengaktualisasikan diri menjadi manusia sejati sebagaimana mestinya dalam kehidupan.
Saya berharap, sedikit suntingan teks yang akan di bahas kemudian, dapat bermanfaat secara teoritis agar dapat menghasilkan kajian selanjutnya, terutama berkaitan dengan pemahaman teks di dalam naskah. Dan manfaat secara praktis yang diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada penulis khususnya dan pembaca umumnya.

II. TINJAUAN NASKAH

A. Inventarisasi Naskah
            Berdasarkan hasil penelusuran pustaka dan penelusuran lapangan, terdapat 3 naskah AS yang ketiganya terdapat di Perpustakaan Nasional Jakarta. Teks pertama terdapat dalam bundel naskah A.269, sedangkan teks kedua terdapat dalam naskah A.569, dan teks ketiga terdapat dalam bundel naskah A.309.
            Untuk tidak mempersulit, Penyuntingan teks akan di sandarkan pada metode penelitian naskah tunggal pada bundel naskah ketiga A.309. Berdasarkan kebijaksanaan dari dosen pembimbing.
B. Deskripsi Naskah
            Naskah ini dibuat pada tahun 1254 H. dalam salah satu teks tertulis bahwa pemilik naskah tersebut adalah Abdul Rahim Bin Abdul Qadir. Naskah berukuran sampul 20,5x14,5 cm, sedangkan teks berukuran sama 20,5x14,5 cm, pias kanan berukuran 4 cm; pias kiri 2 cm; pias atas 2,5 cm, dan pias bawah 2,5 cm. secara keseluruhan naskah yang ditulis terdiri dari 119 halaman tidak termasuk dengan lembaran teks yang hilang. Setiap halaman terdiri dari 19 baris kecuali pada halaman terakhir terdiri dari 17 baris. Jarak antar baris 0,5 cm. Tidak ada penomoran halaman,  hanya ada nomor halaman yang telah ditulis oleh petugas perpustakaan.
            Alas naskah menggunakan kertas Eropa dngan bahan sampul karton kertas. Tidak terdapat cap/stempel, akan tetapi terdapat kolofon. Warna kertas putih kekuning-kuningan. Naskah dijilid dengan menggunakan benang sebagai pengikatnya, sedangkan motif sampul abstrak bermotif kayu kehitam-hitaman. Penulisan naskah menggunakan garis panduan yang ditekan.
            Teks AS ditulis dengan menggunakan bahasa dan aksara arab tanpa harakat, sementara jenis khat yang digunakan adalah tsulus bernuansa riq’ah. Tinta yang digunakan berwarna hitam, sementara untuk rubrikasi digunakan tinta berwarna merah. Secara keseluruhan, kondisi naskah masih cukup baik, walau lembaran teks awal pada naskah hilang, akan tetapi Tulisan pada naskah tebal, rapi, dan jelas.
            Teks mengandung ajaran-ajaran tarekat. Tidak ada mukaddimah.  Namun langsung ditemukan sepuluh bab yang tersusun kurang beraturan, dari bab 8 lalu 9, 10,1,2,3,4,5,6,7 yang secara garis besar isi teks tersebut antara lain:
Bab I               : Tentang aib dan nikmat kehidupan dunia
Bab II              : Pembahasan tarekat dan keutamaannya, juga menerangkan sifat-sifat
terpuji   untuk mencapai kesempurnan
Bab III            : Pembatasan mengenai batasan/hijab antara Allah dengan
hamba-Nya
Bab IV            : Menjelaskan tentang jiwa ‘Immarah, perjalanannya serta
tingkatannya.
Bab V              : Pembahasan mengenai sifat-sifat jiwa Lawwamah dan Muhsinat.
Bab VI            : Menjelaskan sifat-sifat penting dalam diri manusia antara kebaikan
dan keburukan.
Bab VII           : Menjelaskan tentang jiwa muthmainnah yang di nisbatkan kepada
kesempurnaan
Bab VIII                     : Menjelaskan tentang an-nafs ar-radhiyah
Bab IX            : Pembahasan mengenai keutamaan dari an-nafs ar-radhiyah
Bab X              : Menjelaskan tentang kamal (jiwa yang sempurna), pendekatannya,
serta apa-apa yang menjauhkannya.

 III. PENGANTAR PENYUNTINGAN

            Teks yang akan di sunting disini ada pada bab kedua dari sepuluh bab yang ada pada naskah) (ياب الثاني : في حث علي سلوك هذا الطريق و بيان فضلها, untuk mempermudah bagi pembaca, penyunting mencantumkan footnote yang menjelaskan suntingan-suntingan pada teks. Serta bacaan yang penyunting ishlah langsung di tulis pada teks, sedangkan untuk bacaan yang di ishlah diletakkan pada footnote dan diberi keterangan. Selain itu untuk bacaan yang hurufnya kurang akan di sisipkan langsung pada bacaan dengan menggunakan tanda kurung, contoh: تراؤ(و)ن, lalu di beri keterangan pada footnote. Kemudian digunakan tanda || || untuk bacaan yang harus dihilangkan, karena tidak sesuai dengan kaidah atau adanya pengulangan kata, yang akan di tulis langsung pada teks dan dijelaskan pada footnote. Hal ini tidak lain bertujuan agar pembaca dapat memahami teks yang disunting dengan mudah.











IV. SUNTINGAN NASKAH :

واما الرياء فهو حرام لقوله تعالى فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّين الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلاَتِهِمْ سَاهُونَ الَّذِينَهُمْ يُرَاءُونَ وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ وقال تعالى: فَمَنْ كَانَ يَرْجُوا لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلا صَالِحًا وَلا يُشْرِك بعبادة[1]ِ رَبِّهِ أَحَدًا وقال صلى الله عليه وسلم ان اخوف ما أخاف عليكم الشرك الاصغر قالوا وما الشرك الاصغر يا رسول الله قال الرياء يقول الله تعالى يوم القيامة اذا جازى العباد باعمالهم إذهبوا[2] إلى الذين كنتم تراؤ)و(ن[3] فى الدنيا فانفروا هل تجدون عندهم الجزاء واعلم أن المر ||ا|| ء ||ى||[4] لا شك انه يريد ان تكون له فى قلوب الناس منزلة وهذا الذي ليبعثه على الرياء وطالب طريق الحق يجب عليه ان يسعى على اسقاط منزلته من قلوب الخلق فحينئذ المر||ا||)ء(||ى||[5] بعيد عن طريق الحق واما حب الجاه[6]  والرياسة فانه مذموم قاطع عن طريق الحق قال النبي صلى الله عليه وسلم حب ابن ادم من الشر لا من عصمه الله ان يشير اليه الناس بالاصابع فى دينه او دنيا(ه)[7] وقال على رضى الله عنه نبذل ولا تشتهر ولا ترفع شخصك واكتم واصمت تسلم شر الابرار وتغيظ الفجار وقال ابرهيم بن ادهم ما صدق مع الله من احب الشهرة وانتشار الصيت واعلم ان حب الشهرة هو المذموم واما نفس الشهر وانتشار الصيت فقد يكون محمودا وقد يكون مذموما فإن قصد به تعظيم نفسه واحتقار غيره فهو المذموم وإن قصد به إرشاد الخلق ونفعهم فهو محمود مثاب عليه ولا شك ان جاه الانبيا(ء)[8] والخلفاء الراشدين اوسع من كل جاه[9] وهم مثابون عليه وعلامة الجاه[10] المحمود ان يكون صا حبه كالمكلف فى حمله فإذا جاء من ينوب عنه ويكف يه التعب فرح به وإغتنمه ولم نغيظ منه بل يرى منته عليه او[11]على كل حال متى مال قلب السالك الى حب الجاه والرياسة انقطع عن الطريق فيجب عليه حب الخمول وتعاطى اسبابه وهى لبس الاشياء التى  تسقط منزلته عند الناس حتى اذا دخل لم يعتن  به احد ولا يرد[12] عليه السلام هذا حال المريد الصادق واما كثرة الكلام فهي[13] مذمومة لانها يتولد منها امور محرمة وامور مكروهة مثل ذكر المعاصى السالفة وذكر احوال النساء والمجادلة التى هى المراء والخصومة والتشدق فى الكلام بتكلف السجع والتصنع والسب والفحش واللعن والمزاح الزائد على الشرع والسخرياء والاستهزاء وإفشا(ء) [14] السر والكذب واليمين والغيبة والنميمة وامثال هذه المحرمات من الخوض فيما لا يعنى وافة اللسان افة مهلكة لم يكن شئ اخطر منها وجميع القبائح متفرعة منها فلذلك مدح النبى صلى الله عليه وسلم الصمت[15] وحث عليه وامر به اصحابه وقال الصمت حكمة[16] وقليل فاعله وقال من صمت نجا وقال عليه الصلاة والسلام  لمعاذ بن جبل وهل  يكب الناس[17] فى النار على مناخرهم إلا حصائد السنتهم وكان أبو بكر الصديق رضي الله عنه يخاف من فلتات اللسان فيضع فمه حصاة لتمنعه من التكلم وكان يقول هذاالذى اوردنى الموارد القبيحة ويشير الى لسانه ومن عظم ماروى إبن مسعود رضى الله عنه من افة اللسان كان يقول الله اكبر ما من شئ أحق بالسجن من اللسان وقال عليه الصلاة والسلام مررت ليلة اسرى بي[18] ||على||[19] قوم يخمشون وجوههم[20] باظافيرهم فقلت يا جبريل من ؤلاء فقال الذين يغتابو(ن) [21] الناس ويقعون فى اعراضهم والغيبة  ان تذكر اخاك بما فيه وتعلم انه لو سمعه لكرهه سواء كان فى بدنه او فى نفسه او فعله او قوله او دينه او دنياه  او ثوبه او داره ||او داره||[22] او دابته او غير ذلك فمتى ذ كرته شيئا[23] من هذه الاشياء وكان ذلك الشئ فيه وتعلم انه اذا سمعه تألم كان غيبة واذا لم يكن ذلك الشئ فيه كان بهتانا وهو امرّ من الغيبة ولا فرق بين ان يكون المغتاب حاضرا اوغائبا والاحاديث الواردة فى النهى ماذكرناه من افات اللسان كثيرة ومن لايؤثر فيه سماع القليل لاينفعه الكثير وبالله التوفيق.







V. PENUTUP

            Demikianlah tinjauan dan penyuntingan naskah yang saya susun, sungguh, sangat disadari masih sangat banyak kesalahan-kesalahan baik secara teknis maupun pada suntingan teks. Saya harapkan maklum adanya.
            Dengan itu segala saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak akan saya sambut dengan tangan terbuka. Dan kepada semua oknum yang telah membantu hingga peninjauan serta penyuntingan teks ini tersusun, saya ucapkan terima kasih.
           



















DAFTAR PUSTAKA

Lubis, Nabilah, Naskah, Teks Dan Metode Penelitian Filologi, Jakarta: Forum Kajian Bahasa & Sastra Arab Fakultas Adab IAIN Syarif Hidayatullah, 1996.

Permadi, K, Pengantar Ilmu Tasawwuf, Jakarta: Rineka Cipta, 1997, cet.ke-1.

As-Sair Wa As-Suluk ila Malikil Muluk, A.309, Ms, Jakarta.



[1] . Lafadz العبادات ada dalam teks merupakan lafadz yang salah, lafadz yang benar di tulis langsung dalam suntingan teks dan diletakkan dalam tanda kurung, bertujuan untuk memudahkan dalam membaca dan memahami teks. Dan bacaan ini merupakan bacaan dari ayat al-qur’an.
[2]. (اذهبواا) : Terdapat 2 alif dibelakang kataاذهبواا" "dan salah satu dari alif tersebut harus dihilangkan karena tidak sesuai dengan kaidah dan makna.
[3]. ( تراؤن ) : “و “ dhamir pada lafaz ini tidak ada.
[4]   :(المراءى) Adanya dua huruf yang harus dibuang yaitu “alif” dan “ya”karena yang dimaksud dalam teks adalah المرء.
[5] ) المراى ) : Pada lafadz ini terdapat kesalahan yaitu: kurang “ ء ” setelah harf   ا”dan “ى “ yang harus dihilangkan karena yang dimaksud dalam teks adalah المرء yang bermakna الشخص, sebagaimana juga pada footnote sebelumnya.
[6]    (حب المجاه) : yang sesuai dengan teks adalah hubbul jaah yang bermakna cinta kedudukan. 
[7] (   فى د نيا) : Kurang dhamir “ه” pada lafadz “ د نيا
[8] (   أن جاءه الأنبيا)     : kata - جاه – yang ber arti “kedudukan” lebih sesuai dengan teks di banding kata- جاء- yang ber arti datang, sedangkan dalam bacaan الأنبيا, terdapat kekurangan huruf"ء" yang bermakna “para nabi”.
[9] (  من كل جأ ه)     : Seperti yang sudah di bahas pada footnote sebelumnya, kata-جاه –disini juga lebih cocok karena sesuai dengan makna pada teks
[10] ( علامة الجاءه )      : kesalahan pada kata yang sama juga terjadi pada kedua footnote sebelum ini.
[11] او         : bacaanو ا            dalam teks terdapat ejaan yang tidak sesuai yaitu:” ا” di akhir kalimat pada baris, kemudian disambung dengan   "و"di baris berikutnya. Dalam aksara Arab hal seperti ini tidak diperbolehkan.
12 ( ولا يريد عليه السلام ): Kata yang sesuai dengan teks adalah- يرد – yang bermakna menjawab, bukan  -يريد- - yang artinya ingin atau hendak. Dan ini merupakan hadits Nabi.
13 ( فهو مذمومة )        :kata مذمومة yang berdhamir muannats harus didahului dengan dhamir muannats pula yaitu فهي
[14] (   وإفشا السر)        : adanya huruf yang kurang dalam bacaan ini yaitu “ء “pada kata إفشا.
15 ( الصمة )               : Kesalahan dalam penulisan الصمتyang ber arti ‘diam’
16.)  الصمت حمكة ) :terdapat kekeliruan dalam susunan huruf antara  حكمة(kata yang benar) dan      حمكة(kata yang salah)
17. (  يكب النارس): Adanya kelebihan huruf ر pada kata الناس
18. ( بن ): kekeliruan pada بن (kata yang di ishlah)dalam hadits ini menjadi بى(kata yang shahih)
[19]   :(على)bacaan ‘ala dalam teks merupakan bacaan yang janggal dan tidak diperlukan sehingga harus dihilangkan.
[20] (يحمنثون جوبهم) : kata يحمنثون tidak sesuai dengan yang dimaksud pada teks, selain itu asal katanya juga tidak jelas, sedangkan kata يخمشون yang artinya “mencakar atau menapuk” lebih sesuai dengan makna pada teks. Antara kata وجوههم dan وجوبهم memiliki arti yang jauh berbeda, dan setelah di adakan penyesuaian, kata وجوبهم tidak sesuai dengan makna pada teks.
[21] ( يغتابو ) : kurang hurufن di akhir bacaan يغتابو.
22 ( داره) : adanya pengulangan, jadi salah satunya harus dibuang.
[23] (شئ  )   : مفعول jadi harus  نصبatau menurut penyunting bisa juga digunakan harfu jar بشئ "ب".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar